Pentingnya Pemahaman Tentang Marketing dalam Bisnis – Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang mengartikan jika marketing sama dengan sales. Walaupun memang keduanya berkaitan dengan bisnis tapi marketing dan sales adalah dua hal yang jauh berbeda. Dari pengertian, proses kerja hingga fungsi dari keduanya berbeda jauh jadi tidak bisa disamakan begitu saja.

Dalam pengertiannya, sales adalah suatu bentuk aktivitas bisnis yang dilakukan untuk menjual produk atau jasa dari penjual ke pembeli. Sedangkan marketing adalah aktivitas yang dilakukan dalam hal mengkomunikasikan, menyampaikan atau bahkan menawarkan sesuatu yang bernilai untuk para klien, pelanggan, mitra dan juga masyarakat umum. Pemasaran akan dimulai dari kebutuhan manusia itu sendiri kemudian bertumbuh jadi keinginan. Jadi sales dapat diartikan sebagai aktivitas yang menjual produk ataupun jasa sementara marketing adalah strategi yang dibuat guna meningkatkan penjualan pada suatu bisnis tertentu.

Sebuah bisnis memiliki tujuan utama yaitu mendapatkan laba dengan cara memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan masyarkat sebagai pangsa pasar. Karena itu, fungsi dari marketing tidak bisa dipisahkan dengan bisnis karena keduanya sangat berkaitan. Apalagi marketing sendiri adalah aktivitas dalam membuat strategi-strategi agar para pelanggan tertarik dengan bisnis yang diusahakan sehingga penjualan meningkat dan dampaknya pun sangat baik terhadap laba perusahaan. Dengan begitu, tujuan dari bisnis dapat tercapai karena adanya marketing itu sendiri.
Untuk mencapai tujuan dari sebuah bisnis, tentunya marketing memiliki beberapa fungsi penting yang dibagi ke dalam tiga jenis mulai dari fungsi pertukaran, distribusi fisik hingga fungsi perantara. Setiap fungsi yang ada memiliki kegiatan dan cara impelementasi yang berbeda dalam sebuah bisnis. Fungsi pertama adalah fungsi pertukaran dimana pada fungsi ini dapat diartikan sebagai pertukaran agar konsumen mau membeli produk dengan cara melakukan penukaran. Dan peukaran disini berupa uang dengan barang atau bisa juga barang dengan barang dengan melakukan proses jual-beli. Dan produk yang sudah ditukar tersebut bisa digunakan sendiri maupun juga dijual kembali.

Kemudian fungsi kedua adalah fungsi distribusi fisik. Fungsi ini dilakukan dengan mengangkut ataupun menyimpan produk yang akan diberikan dari produsen ke konsumen. Proses pengangkutan sendiri dilakukan dengan menggunakan beberapa cara dan transportasi yang digunakan pun beragam mulai dari transportasi darat, laut hingga udara. Dan untuk pengimpanan yang dilakukan adalah dengan cara mengendapkan dan juga menjaga jumlah pasokan supaya tidak ada mengalami yang namanya kekurangan apalagi produk tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

Dan fungsi marketing yang terakhir adalah fungsi perantara dimana fungsi ini berkaitan erat dengan yang namanya pembiayaan, melakukan pencarian informasi, mengelompokkan sebuah produk dan lain-lain. Dan fungsi dari perantara ini juga adalah untuk menyampaikan produk ke konsumen. Selain itu, fungsi ini juga dapat menjadi penghubung kedua fungsi yang lain yakni fungsi pertukaran dan juga fungsi distribusi fisik.

Tidak hanya fungsi marketing saja yang perlu diketahui, Anda juga harus tau jika peran marketing dalam ebuah bisnis itu penting. Marketing dapat menjadi sales atau penjualan. Karena seperti yang kita tau jika bisnis sendiri memiliki unsur penting yakni laba yang didapat dari penjualan barang atau jasa yang dihasilkan bisnis tersebut. Kemudian marketing juga dapat berperan sebagai media promosi jadi bisnis dan produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan harus dipromosikan dulu agar masyarakat yang merupakan target pasar mengenal produk game dari perusahaan taruihan bola dengan baik. Dan peran marketing yang terakhir adalah untuk riset dan pengembangan. Jadi marketing akan mengembangkan produk supaya selalu up to date dan bisa memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

Categories: Artikel Blog Iklan Informasi Maketing Sales Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *